GEMA KEBANGKITAN SANG JURUSELAMAT

WhatsApp Image 2017-04-17 at 11.24.51 (1)

Sabtu, 15 April 2017 perayaan ekaristi malam Paskah di Paroki Cilangkap, Gereja Anak Domba berlangsung khidmat dan meriah. Perayaan ekaristi diadakan 2 kali, yaitu pada pukul 17.00 WIB yang dipimpin oleh Romo Rochadi dan Romo Teguh, sedangkan misa kedua dipimpin oleh Romo Angga. Frater Bekti dan Frater Bernard juga selalu setia mendampingi Romo yang memimpin misa.

WhatsApp Image 2017-04-17 at 11.24.51

Ada yang berbeda dari suasana pada misa biasa, tata ruang bunga altar dihiasi lebih banyak bunga segar berwarana kuning, putih, dan hijau, busana dari Koor yang tampil juga terlihat meriah begitu pula dengan beberapa umat. Berbeda dari i badat Jumat Agung, lagu-lagu misa yang dibawakan berirama meriah dan semangat.

Misa ekaristi diawali oleh pemberkatan lilin paskah yang diikuti penyalaan lilin oleh seluruh umat yang hadir. Kemudian dilanjutkan dengan 4 kali bacaan sabda dan bacaan injil. Homili kali ini pun sedikit berbeda, Romo dan Frater mengajak umat untuk menyanyikan lagu rohani yang berjudul ‘Jangan Pernah Menyerah’ karangan Edward Chen. Dengan diiringi alunan gitar dan seruling, Romo, Frater, dan umat berdendang, “Jangan pernah menyerah, jangan berputus asa. Muzijat Tuhan ada, saat hati menyembah.” Lagu ditutup dengan tepuk tangan yang meriah.

WhatsApp Image 2017-04-17 at 11.25.07

WhatsApp Image 2017-04-17 at 11.24.56

Setelah homili dilanjutkan dengan Litani Orang Kudus, pemberkatan air baptis, dan pembaharuan janji baptis. Umat memegang lilin yang menyala sambil diperciki oleh air yang telah diberkati dengan diiringi lagu ‘Syukur Kepada-Mu, Tuhan’. Hingga pada akhirnya di penghujung misa ekaristi, Romo dan Ketua Panitia Wilayah 8 memberikan ucapan selamat Paskah kepada seluruh umat.

Penutup dari semuanya, koor menyuguhkan lagu ‘Hallelujah’ dari Handle yang semakin memeriahkan suasana malam itu. Sehingga seluruh umatpun berbaur dalam kemeriahan Paskah sambil mereka saling mengucapkan ‘Selamat Paskah!’ satu sama lain.

Tidak berhenti sampai di situ, pada keesokan harinya (Minggu, 16 April 2017) juga dirayakan misa Paskah khusus anak-anak yang dipimpin oleh Romo Angga dengan didampingi Frater Bekti dan Frater Bernard. Pada sesi Homili, Frater mengajukan pertanyaan kepada anak-anak sambil diberikan hadiah. Yang menariknya lagi, petugas koor dan pembawa persembahan dibawakan oleh anak-anak juga, selain itu, Komunitas Violin Vianney yang terdiri dari anak-anak juga mempersembahkan dua buah lagu untuk menambah kemeriahan misa Paskah siang itu. Setelah Romo memberikan berkat ke anak-anak, panitia mulai mengatur barisan agar seluruh anak yang hadir mendapatkan bingkisan Paskah. Bisa dibayangkan betapa senangnya mereka ketika mengantri untuk mendapatkan bingkisan Paskah. (Stella)

Foto by : @benywidjajanto

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *