Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) Angkatan-1 Gereja St.Yohanes Maria Vianney

DSC_0858

Nama kegiatan berupa Kursus Evangelisasi Pribadi atau biasa disingkat KEP, mungkin sudah terdengar tidak asing lagi bagi Anda. Kata ‘pribadi’ berarti mengajak umat untuk mulai lebih dahulu menerima dan menghayati kabar baik dalam dirinya sendiri dan pada akhirnya akan juga mewartakan sukacita yang diperolehnya pada sesama.

Pada tahun ini, Paroki St. Yohanes Maria Vianney telah mengadakan kegiatan KEP untuk yang pertama kalinya. Sekitar kurang lebih 40 umat telah mendaftar untuk kegiatan tersebut. Biaya pendaftaran yang dikenakan, yaitu sebesar Rp 200.000,- yang akan digunakan untuk biaya kursus dan sebesar Rp 200.000,- lagi yang akan digunakan untuk biaya retret perutusan.

Pada tanggal 30 April 2017, para peserta KEP 1 telah menerima berkat dari Romo Rochadi pada misa kedua dan mulai tanggal 2 Mei hingga 29 Agustus 2017, peserta akan mulai menerima kursus evangelisasi. Kursus diadakan setiap hari Selasa dan Kamis pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB. Sebelum mengikuti kursus, peserta diminta untuk mencari 2 pendukung doa dimana perannya adalah untuk memberikan dukungan dalam bentuk doa sehingga nantinya peserta diharapkan dapat mengikuti serangkaian kegiatan KEP dengan penuh penghayatan dan semangat.

DSC_0737

DSC_0800

Dalam kursus tersebut, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok yang mana setiap pertemuan akan ada tugas bergilir yang harus dilakukan oleh tiap orang dalam kelompok, seperti tugas memimpin doa, memandu nyanyian, dan menyediakan konsumsi. Biasanya, setiap kelompok akan berkumpul untuk berdoa dan meneriakkan yel-yel kelompok pada setiap akhir kursus dan akan ada pula mentor dari tiap kelompok yang akan mendapingi selama kursus berlangsung.

Sesi pertama pada kursus evangelisasi yang dimulai tanggal 2 Mei 2017 dipandu oleh Joppy Taroreh sebagai pengajar dari Shekinah (Badan Pelayanan Keuskupan Pembaharuan Karismatik Katolik KAJ). Peserta dibekali 4 buku, yaitu buku tulis, Evangelii Nuntiandi (Mewartakan Injil), Ibadat Evangelisasi, dan Misi Evangelisasi. Dan pada akhir sesi dari kursus evangelisasi, nantinya akan diadakan retret pengutusan (9 – 10 September 2017) dan inagurasi (24 September 2017) yang bertujuan memberi pengukuhan kepada peserta untuk dapat menjadi pewarta. (Stella)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *