Euforia Anak-anak dalam Menyambut Natal

WhatsApp Image 2018-01-03 at 19.17.58 (1)

Sukacita menyambut hari Natal sudah pasti dirasakan oleh umat Kristiani di seluruh dunia. Tidak terlepas juga oleh anak-anak Bina Iman dan Sekolah Minggu di Gereja Anak Domba, St. Yohanes Maria Vianney, Paroki Cilangkap. Misa Natal untuk anak-anak diadakan pada hari Minggu, 25 Desember 2017 pada pukul 08.30 WIB.

WhatsApp Image 2018-01-03 at 19.17.57

Mulai pukul 07.30 WIB, sudah terlihat beberapa anak yang hadir untuk mempersiapkan perayaan ekaristi dengan membawa partitur lagu, diantaranya Koor dari SD St. Anna. Dengan pakaian yang seragam, mereka mulai menempati bangku koor untuk melakukan pemanasan vokal. Sedangkan anak-anak Bina Iman dan Sekolah Minggu, datang dengan membawa kado untuk dipersembahkan kepada kanak-kanak Yesus, biasanya kado berupa peralatan sekolah atau peralatan mandi. Dengan raut wajah ceria, mereka meletakkan kado di depan Kandang Natal.

WhatsApp Image 2018-01-03 at 19.17.59

Petugas tata tertib dari OMK Wilayah V, pendamping Bina Iman dan Sekolah Minggu juga turut serta untuk mendampingi anak-anak selama misa berlangsung. Tidak ketinggalan dengan para orang tua yang mendampingi dari bangku di barisan yang berbeda.

Misa dipimpin oleh RD Angga Sri Prasetyo, sedangkan homili dibawakan oleh Frater Nando dengan pesan bahwa Natal merupakan lambang kehadiran Yesus ke dunia dengan membawa kasih dan terang Allah kepada setiap manusia. Seusai menyampaikan homili, Frater Tino dan Frater Nando menantang anak-anak yang berani maju ke depan altar untuk menebak judul lagu. Tidak butuh waktu yang lama untuk menarik perhatian anak-anak, dengan di ‘iming-imingi’ hadiah, banyak yang tunjuk jari untuk berebut menebak lagu yang dimainkan dari alunan melodi gitar. Dalam sekejap, hadiah yang di bawa frater-pun sudah ludes.

WhatsApp Image 2018-01-03 at 19.17.57 (1)

Setelah misa selesai, OMK Wilayah V dengan dibantu oleh pendamping Bina Iman dan Sekolah Minggu mulai mengatur barisan anak-anak untuk antrian pengambilan bingkisan natal. Sebanyak 700 anak berbaris dengan girangnya menunggu bingkisan dibagikan. Ketika serangkaian acara sudah selesai, banyak anak-anak dan orang tua yang mengantri untuk berfoto bersama di area dekorasi Natal, seperti Kandang Natal, pohon Natal dan altar. Sungguh suasana yang menggembirakan! (Stella)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *